RF

Hafal 6 Juz Al Quran : Gratis Daftar Pesantren Al Masoem

21 Sep 2023  |  96x | Ditulis oleh : Admin
pesantren Al Masoem

Pendidikan agama dan penghafalan Al Quran memiliki posisi yang istimewa dalam budaya dan tradisi Islam. Namun, biaya pendidikan seringkali menjadi hambatan bagi banyak keluarga untuk memberikan pendidikan agama yang berkualitas kepada anak-anak mereka. Dalam sebuah langkah yang patut diacungi jempol, Pesantren Al Masoem telah menyediakan kesempatan unik bagi para penghafal Al Quran untuk bisa mendapatkan pendidikan di jenjang pesantren secara gratis melalui program pendidikan pesantren.

Sekarang, siswa yang telah menghafal minimal 6 Juz Al Quran dapat mendaftar ke Pesantren Al Masoem tanpa biaya pendaftaran dan pendidikan yang diberikan sepenuhnya gratis. Keputusan ini tidak hanya menciptakan akses yang lebih besar terhadap pendidikan agama yang berkualitas, tetapi juga memberikan penghargaan kepada mereka yang telah memberikan dedikasi luar biasa dalam menghafal Al Quran.

Penghafalan Al Quran bukanlah pencapaian yang kecil; itu memerlukan waktu, usaha, dan ketekunan yang besar. Dengan kebijakan ini, Pesantren Al Masoem tidak hanya memberikan pendidikan agama yang berkualitas tetapi juga menghargai upaya keras para penghafal Al Quran. 

Kebijakan ini berlaku untuk calon santri tahun ajaran 2024-2025 yang dimana Al Masoem sudah membuka pendaftaran dari awal Agustus 2023. Program ini berlaku untuk umum, selama calon siswa mampu membuktikan bahwa mereka memiliki hafalan Al Quran minimal sama dengan 6 juz tentu saja dengan tes langsung oleh pihak pengetesan Al Masoem.

Jika anda tidak memiliki hafalan Al Quran minimal 6 juz, ada juga beberapa osi beasiswa lainnya dalam kategori hafalan Al Quran seperti diskon atau keringanan biaya pendaftaran 75% untuk calon santri yang hafal minimal 4-5 juz dan diskon 50% untuk mereka yang hafal minimal 3 juz.

Keringanan biaya yang bisa ditambah dengan beasiswa lainnya

Uniknya Al Masoem jika anda memiliki kategori lainnya anda bisa mengajukan diskon yang berbeda selama itu maksimal adalah 100%. Seperti diskon beasiswa prestasi akademis baik di bidang seni dan olahraga, diskon bagi ketua OSIS sederajat, Diskon bagi alumni dan diskon lainnya. Keringanan biaya ini berlaku rangkap dan bisa diajukan selama kuota masih ada.
Adapun syarat mengajukan japres adalah minimal siswa memiliki sertifikat yang bisa diajukan dan juga minimal harus lembaga yang berjenjang yang memberikan perlombaannya jika tidak maka pengajuan japres akan ditolak. Selain itu ada syarat lainnya seperti tes sesuai dengan prestasi yang diraih dan ada psikotes, wawancara serta tes BTQ. 

Tes BTQ juga Tes BTQ adalah singkatan dari "Baca Tulis Quran." Ini adalah jenis tes yang digunakan untuk mengevaluasi kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis Al-Quran dalam bahasa Arab. Tes BTQ sering kali dilakukan dalam konteks pendidikan agama Islam dan pengajaran Al-Quran.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin dinilai dalam tes BTQ:

1. Membaca Al-Quran dengan Benar:

Siswa diuji untuk memastikan bahwa mereka dapat membaca Al-Quran dengan tajwid yang benar. Tajwid adalah aturan pengucapan yang tepat dalam membaca Al-Quran.

2. Memahami Arti dan Terjemahan:

Selain membaca dengan benar, siswa mungkin juga diuji tentang pemahaman mereka terhadap arti dan terjemahan ayat-ayat Al-Quran. Ini penting untuk memastikan bahwa siswa tidak hanya menghafal, tetapi juga memahami pesan yang terkandung dalam Al-Quran.

3. Menulis Al-Quran:

Tes BTQ juga dapat mencakup kemampuan siswa dalam menulis ayat-ayat Al-Quran dalam bahasa Arab dengan benar. Ini mencakup penulisan huruf Arab dan penulisan ayat-ayat dengan tajwid yang benar.

4. Hafalan:

Tes BTQ juga dapat mencakup pengujian hafalan siswa terhadap ayat-ayat tertentu dalam Al-Quran. Ini melibatkan kemampuan siswa untuk mengingat dan mengulangi ayat-ayat Al-Quran dengan benar.

Tes BTQ biasanya digunakan dalam program pendidikan agama Islam dan pengajaran Al-Quran di berbagai tingkatan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa siswa memiliki pemahaman yang kuat tentang Al-Quran dan kemampuan yang baik dalam membaca dan menulis teks suci ini. Tes ini juga dapat menjadi alat untuk memotivasi siswa dalam menghafal dan memahami Al-Quran dengan lebih baik.

Berita Terkait
Baca Juga: