RajaKomen

4 Cara Membuat Chawan Mushi agar Bisa Lembut, Bukan Sekadar Telur Kukus

26 Jul 2021  |  101x | Ditulis oleh : Admin
4 Cara Membuat Chawan Mushi agar Bisa Lembut, Bukan Sekadar Telur Kukus

Pressure test MasterChef Indonesia season 8 mengharuskan 3 peserta untuk membuat chawan mushi atau chawanmushi pada episode Minggu (25/7/2021). Chawan mushi adalah telur kukus khas Jepang yang dimasak di dalam mangkuk kecil keramik.

Menurut juri MasterChef Indonesia, cara membuat chawan mushi terlihat mudah tetapi cukup tricky. Durasi memasak chawan mushi misalnya, harus tepat agar teksturnya tetap lembut. Apabila kurang matang, bagian luar telur sudah padat tetapi dalamnya masih basah alias belum matang. Kelembutan chawan mushi juga menjadi poin penting. Chef Renatta menyarankan untuk mencampur kaldu dan telur dengan rasio 1:2. Kaldu khas Jepang atau dashi juga sebaiknya digunakan untuk membuat chawan mushi agar semakin umami.

Berikut ini ada empat tips yang harus kamu perhatikan dalam membuat chawan mhusi agar tidak gagal;

1. Saring adonan telur Kunci keberhasilan membuat chawan mushi yang kerap disebut puding telur adalah tingkat kelembutannya. Telur kukus khas Jepang ini bakal sulit lembut dan halus kalau mengandung terlalu banyak gelembung udara. Tantangan ini biasanya terjadi ketika mengocok telur. Untuk mengurangi gelembung udara, saring adonan telur.

2. Kukus dengan api kecil Hindari mengukus telur dengan api besar dengan anggapan membuatnya cepat matang. Pasalnya, dapat mengakibatkan telur overcooked. Tekstur chawan mushi yang kematangan menjadi terlalu kenyal dan tidak lembut. Jadi, kukus telur di atas api kecil dengan uap lambat.

3. Lakukan eksperimen dengan berbagai bahan Bahan utama chawan mushi adalah telur dan dashi atau kaldu. Namun, kamu bisa menambahkan bahan lain seperti dada ayam, udang, dan jamur. Hiasan populer telur kukus jepang ini di antaranya adalah katsuobushi (serpih bonito kering), naruto (ikan surimi yang diawetkan), uni (bulu babi), dan kamaboko atau fish cake. Pastikan untuk memotong kecil bahan-bahan tersebut agar mudah matang ketika dikukus.

4. Susun bahan dari waktu memasak Apabila menambahkan berbagai bahan saat membuat chawan mushi, susun sesuai dengan waktu memasak. Letakkan bahan yang durasi memasaknya lebih lama seperti protein di bagian bawah cangkir. Sementara untuk topping lembut seperti bumbu dan wortel taruh paling atas.

Itulah 4 langkah yang harus kamu perhatikan ketika ingin membuat dan mempraktekan chawan mhusi yang ada di tantangan Master Chef Indonesia pada Minggu 25/07/2021. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Baca Juga: