rajatraffic

Pengertian Merkuri & Ciri Wajah Terkena Merkuri yang Perlu diKetahui

15 Jul 2022  |  164x | Ditulis oleh : Admin
Pengertian Merkuri & Ciri Wajah Terkena Merkuri yang Perlu diKetahui

Merkuri adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam produk krim pemutih wajah. Namun, apa itu merkuri? Merkuri memiliki warna putih (fase cair) atau abu-abu (fase padat) dengan simbol Hg yang bisa ditemukan di kerak Bumi. Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), merkuri adalah racun tahan urai, dapat terakumulasi dalam tubuh, dan menyebabkan gangguan kesehatan, seperti kerusakan organ tubuh dan bahkan kanker. 

Penambahan merkuri pada produk kosmetika dilarang namun sayangnya bahan ini masih sering ditemukan dalam produk skincare lantaran memiliki efek instan memutihkan wajah.  Sehingga, diperlukan pemutusan rantai supply merkuri pada produk kosmetika. Salah satunya yakni Badan POM melakukan pengawasan post market terhadap kosmetika, baik yang diedarkan secara langsung di sarana distribusi maupun secara daring. 

Pengawasan dilakukan secara menyeluruh untuk mengawal kosmetika agar tetap memenuhi persyaratan keamanan, kemanfaatan, dan mutu. Lantas, apa saja bahaya dan efek penggunaan merkuri bagi kesehatan? 

Bahaya merkuri  Apa itu merkuri dan ciri-ciri wajah terkena merkuri Dirangkum dari jurnal Universitas Airlangga, merkuri yang masuk dalam tubuh dapat ditemukan dalam eritrosit dan plasma darah. Merkuri akan terakumulasi pada ginjal yang menjadi lokasi utama akumulasi merkuri organik.  Merkuri bisa juga terakumulasi pada sel-sel selaput lendir saluran cerna.

Selain itu, bahaya merkuri juga bisa menimbulkan kerusakan organ dalam seperti gagal ginjal, kerusakan pada sistem saraf, kerusakan pigmen kulit, dan kelainan pada bayi baru lahir jika digunakan oleh ibu hamil. 

Sementara itu untuk ciri-ciri wajah yang terkena merkuri adalah kulit terasa panas, gatal, dan wajah menjadi merah saat terkena paparan sinar matahari.  Kondisi tersebut akibat lapisan kulit terluar yaitu bagian luar yaitu epidermis telah menipis dan kulit tidak mendapat perlindungan dari melanin karena penggunaan merkuri dalam krim pemutih.

Demikian penjelasan mengenai apa itu merkuri, bahayanya bagi kesehatan terutama kulit wajah yang wajib diwaspadai terutama bagi anda yang sering memakai pemutih untuk membantu proses pemutihan kulit wajah.

Baca Juga: