rajatraffic

Beberapa Fakta Menarik Tentang Daging Wagyu Khas Jepang yang Enak dan Super Mahal

17 Mei 2022  |  194x | Ditulis oleh : Admin
Beberapa Fakta Menarik Tentang Daging Wagyu Khas Jepang yang Enak dan Super Mahal

Bagi anda pecinta daging atau sering makan steak, nama daging wagyu tentunya sudah tak asing lagi. Kelezatan daging wagyu menjadi primadona di berbagai restoran steak di tanah air. Daging wagyu adalah daging sapi yang memiliki lapisan lemak empuk dan mengandung cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi sejak berabad-abad. Maka tidak heran, jika wagyu menjadi salah satu jenis daging yang paling digemari.

Tidak hanya itu, ada banyak fakta daging wagyu yang mungkin belum Anda ketahui. Apa saja, ya? Ini ulasan lengkapnya untuk Anda. Fakta tentang daging wagyu yang pastinya tidak asing lagi adalah harganya yang selangit! Hal ini mengingat daging sapi wagyu memiliki cita rasa khas yang dapat membuat siapa pun tergoda. Selain soal rasa, daging wagyu mendapatkan harga jual yang mahal karena sapi wagyu sudah melalui proses ternak yang tidak main-main.

Sapi wagyu sendiri hanya mengonsumsi jenis makanan tertentu dan menempati kandang khusus untuk menjaganya agar tidak sembarangan makan. Bahkan, beberapa peternakan memberlakukan peraturan yang ketat di sekitar kandang agar tidak sembarang orang bisa masuk. Siapa pun harus melewati sterilisasi terlebih dahulu.

Daging sapi wagyu memiliki ciri khas khusus, yaitu mengandung marbling dalam jumlah tinggi yang memberikan rasa juicy dan meleleh di mulut. Marbling adalah guratan halus lemak putih di dalam daging yang memberikan cita rasa lezat dan manis pada daging serta memberikan tekstur yang lunak. Marbling dalam daging terbentuk karena sapi diberi energi tinggi dari pakan biji-bijian.

Rasa yang lezat membuat daging wagyu digemari banyak orang. Dengan cita rasa alami yang dimiliki daging tersebut, pengolahannya tidak memerlukan bumbu yang rumit. Jika anda memasaknya sendiri di rumah, Anda hanya perlu menggunakan garam dan merica agar rasa asli dari dagingnya bisa menonjol. Mudah, bukan?

Salah satu fakta tentang wagyu yang mungkin belum Anda tahu adalah asal muasal daging itu sendiri. Daging jenis ini berasal dari sapi wagyu yang mulanya diternakkan di Jepang. Wagyu berasal dari kata Wa yang artinya Jepang dan Gyu yang berarti ternak. Jenis sapi ini awalnya dikembang biakkan di Jepang. Namun seiring waktu, kini Australia adalah negara yang paling banyak mengembang biakkan sapi jenis Wagyu. Amerika pun juga mengembang biakkan daging jenis ini, tetapi marbling-nya tidak sebaik wagyu Jepang.

Berbeda dengan daging pada umumnya, wagyu mengandung lemak tak jenuh yang baik bagi kesehatan jantung. Lemak tak jenuh bisa memperbaiki metabolisme lemak dalam tubuh. Selain itu, lemak tak jenuh juga menurunkan kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kolesterol baik. Mungkin Anda belum tahu mengenai fakta yang satu ini. Daging wagyu memiliki titik leleh lemak yang lebih rendah dibandingkan daging jenis lain.

Titik leleh lemak wagyu adalah 25 derajat Celcius, sepertiga lebih rendah dari titik leleh lemak daging pada umumnya. Bahkan dikatakan, lemak wagyu bisa meleleh dalam mulut, lho! Jepang memiliki sistem pengelompokan atau ‘kelas’ yang secara objektif menilai kualitas daging wagyu. Penentuan kualitas daging ini melewati lima proses.

Beberapa proses yang dilewati untuk menilai kualitas daging wagyu, yaitu marbling, warna daging, kepadatan, tekstur, warna lemak, dan kilau daging. Dalam menilai marbling, yang dilihat adalah polanya, bukan persentase. Dengan harganya yang sangat mahal dan kualitas daging yang prima, pastinya anda tidak mau salah dalam mengolahnya. Jadi, satu hal yang perlu Anda ingat, daging wagyu sangat mudah matang. Hal ini karena kandungan lemak pada daging yang cukup banyak.

Oleh karena itu, pastikan daging wagyu tidak dalam keadaan beku saat dimasak. Ini dilakukan agar bagian luar daging tidak gosong sebelum bagian dalamnya matang. Setelah membaca fakta-fakta menarik di atas, apakah Anda tertarik untuk segera mencicipi kelezatan steak daging wagyu? Jika iya, ingatlah bahwa walaupun wagyu cukup sehat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berbahaya bagi tubuh.

Jadi, walaupun daging wagyu ini sangat lezat tapi konsumsilah daging wagyu secara wajar. Bahkan bila perlu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: